Jumat, 15 Oktober 2010

Kadar Oksigen yang Dihasilkan oleh Pohon

Seberapa besar kadar oksigen yang dihasilkan oleh satu pohon kita tak tau persis banyaknya, tetapi kita dapat mengetahui berapa banyak orang yang dapat dihidupi oleh satu pohon...

Baru-baru ini saya mendapat sms dari Menteri LH (hahaha... lebay banget, padahal semua orang juga dapet kali...) melalui salah satu provider yang bisa dianggap laris f****i (edited ya...), beliau mengatakan “Satu pohon dewasa memproduksi oksigen cukup untuk kebutuhan 2 org. Marilah tanam dan pelihara pohon skrg juga.” Walau ujung-ujungnya promosi juga... hahahaha... mendengar kata-kata itu agak takut juga sih... karena di tempat saya tinggal sudah tidak terlalu banyak lagi pohon kecil, banyaknya pohon besar... hahaha apa yang harus ditakutkan ya...? benar saya ada antara takut dan tidak, karena tidak ada pohon kecil yang nanti suatu saat dapat menggantikan pohon besar...

Back to the topic, di dalam topik yang akan saya bahas adalah tentang kepedulian saya terhadap Menteri Lingkungan Hidup (bukan deng... saya akan membahas pokok bahasan yang sesuai dengan judul yang saya tampilkan) “Kadar Oksigen yang Dihasilkan Oleh Pohon”. Menurut salah satu artikel online yang saya baca, secara rata-rata dalam daur hidupnya pohon bisa mencukupi kebutuhan oksigen 18 orang (sedikit sekali ya...) dan menyerap karbon dioksida dari mobil yang berjalan selama 41. 834. Perlu kita ketahui, hanya pohonlah yang dapat menghasilkan oksigen di bumi raya ini, sampai sekarang tidak ada pabrik yang berhasil membuat oksigen sejumlah apa yang pohon buat. Tetapi apa yang kita lihat? Sejumlah tanah yang seharusnya dihuni oleh pohon kini telah diduduki oleh gedung-gedung pencakar langit, tak hanya binatang yang kehilangan tempat tinggalnya, kini pohon pun telah kehilangan tempat tinggalnya, bagaimana bila suatu saat nanti pohon sudah tidak ada lagi di dunia ini...? lantas siapa yang akan menghasilkan oksigen untuk kita...? apakah para pengusaha telah mempunyai alat untuk membuat oksigen...? haha, bukan sebagai salah satu yang menghakimi, tetapi saya juga merasa bersalah terhadap pohon-pohon yang selama ini hidup di tanah yang telah dijadikan rumah oleh kedua orang tua saya.

Again and again, kembali lagi ke topik (sepertinya bahasan saya kurang singkron dengan judulnya, maklum baru masuk dunia blogger... mohon bantuannya ya...)

Tumbuhan menghasilkan oksigen dari fotosintesisnya, sebelum oksigen terbentuk tumbuhan perlu menyerap sinar matahari dan karbondioksida, dari 6 molekul air terbentuk 6 molekul oksigen pula, tetapi hal itu hanya terjadi bila ada cahaya matahari, ila tidak terdapat cahaya matahari maka pohon akan melakukan reaksi gelapnya yang menghasilkan karbondioksida. Maka dari itu, walau tidak dapat menghidupi semua manusia yang ada di dunia ini denga pohon yang ada, tetapi setidaknya kita dapat memberikan oksigen yang cukup untuk keluarga kita dengan menanam beberapa pohon kecil dan mengalikannya dengan jumlah makhluk hidup yanh bergerak dalam rumah kita (kecuali yang kasat mata okeh...!).

Sepertinya demikian saja cuap-cuap saya kali ini, mohon maaf apabila tidak terlalu bermanfaat, dan saya pula mohon bantuannya kepada blogger lain untuk memberi saya saran demi memajukan tulisan saya. Akhir kata Wassalamualaikum, Let’s Go GREEN.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap.. saya suka tulisan ini, mari jaga alam kita dari sekarang..